Senin, 09 April 2012

KEBUTUHAN MANUSIA


A.   Pengertian Kabutuhan
Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka menyejahterakan hidupnya.

B.   Macam-macam kebutuhan
Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Kebutuhan ini dapat dibedakan sebagai berikut:
1.    Kebutuhan menurut tingkat (Intensitas) kegunaan
a)    Kebutuhan pokok (primer)
Kebutuhan hidup minimal yang mutlak harus dipenuhi agar manusia dapat menjaga kelangsungan hidupnya, misalnya makan, berpakaian, tempat tinggal dan rasa aman.
b)    Kebutuhan Tambahan (sekunder)
Kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan pokok, tanpa terpenuhi kebutuhan ini manusia dapat hidup, misalnya kebutuhan akan informasi.
c)    Kebutuhan Barang Mewah (Tersier)
Tuntutan kebutuhan akan barang mewah muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi disebut juga kebutuhan kemewahan, misalnya perhiasan.
d)    Kebutuhan Kuarter
Kebutuhan kuarter adalah kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi oleh orang-orang tertentu (orang kaya) saja. Jenis kebutuhan ini untuk orang tertentu mungkin tidak penting. Contohnya: Lukisan antik.
2.    Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhan
a)    Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini, bersifat rutin, serta barang yang diperlukan kebanyakan merupakan barang kebutuhan pokok misalnya makan dan minum.
b)    Kebutuhan Masa Depan
Pemenuhan kebutuhan masa depan sudah disiapkan jauh hari sebelumnya, misalnya pendidikan anak. Pemenuhan kebutuhan masa depan biasanya dilakukan dengan tindakan menabung.
c)    Kebutuhan Tidak Terduga
Kebutuhan ini terjadi tiba-tiba dan bersifat incidental (kadang-kadang terjadi),    Misalnya biaya perawatan kecelakaan.
d)    Kebutuhan Sepanjang Waktu
Kebutuhan ini memerlukan waktu yang lama, boleh dikatakan sepanjang waktu. Misalnya kebutuhan menuntut ilmu dan belajar.
3.    Kebutuhan Menurut Bentuk dan Sifatnya
a)    Kebutuhan Jasmani (Materiil)
Kebutuhan jasmani diperlukan untuk memenuhi keperluan jasmani (tubuh) dan          sifatnya berwujud. Misalnya makan, dan tempat tinggal.
b)    Kebutuhan Rohani (Spiritual)
Kebutuhan rohani sifatnya tidak berwujud dan diperlukan untuk memenuhi         keperluan rohani (jiwa). Contohnya: Pendidikan.

4.    Kebutuhan Menurut Subjek Yang Membutuhkan
a)    Kebutuhan Individu (Perorangan)
Kebutuhan individu antara orang yang satu dengan orang yang lain berbeda.          Misalnya, kebutuhan seorang petani berbeda dengan seorang guru.
b)    Kebutuhan Kelompok (Kolektif)
Kebutuhan ini diperlukan oleh sekelompok orang secara bersamaan, misalnya          masyarakat desa membutuhkan irigasi. Kebutuhan kelompok yang berwujud          misalnya jalan dan jembatan, sedangkan yang tidak berwujud misalnya keamanan dan kebersihan umum.

C.   Macam-macam barang
Barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia dapat digolongkan sebagai berikut:
1.    Dari segi cara memperoleh
a.    Barang ekonomi, adalah barang yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan. Sebagian besar barang pemenuhan kebutuhan manusia merupakan barang ekonomi, yaitu:
1)    Barang ekonomi berwujud, misalnya makanan, pakaian dan perumahan.
2)    Barang ekonomi tidak berwujud, misalnya jasa guru, dokter dan satpam.
b.    Barang bebas, adalah barang yang tersedia dalam jumlah berlimpah melebihi          jumlah yang dibutuhkan masyarakat, saehingga dapat diperoleh tanpa pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara, angin.
c.    Barang Illith, adalah barang yang jika jumlahnya berlebihan akan merugikan bahkan membahayakan kehidupan manusia. Misalnya api dan air.
2.    Dari segi cara penggunaannya
a.    Barang konsumsi, adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, sayur-mayur (tidak tahan lama), pakaian (tahan lama).
b.    Barang produksi, adalah barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan         manusia secara tidak langsung. Barang produksi digunakan dalam proses produksi lanjutan untuk menghasilkan barang konsumsi, misalnya bahan baku.
3.    Dari segi kegunaannya
a.    Barang substitusi, adalah barang yang dapat dipakai untuk menggantikan fungsi barang lainya. Misalnya singkong untuk menggantikan beras.
b.    Barang Komplementer, adalah barang yang penggunaannya harus dilengkapi dengan barang lainnya. Misalnya mobil dengan bensin.
4.    Dari proses pembuatannya
a.    Bahan mentah, adalah barang yang belum bisa digunakan tanpa pengolahan terlebih dahulu. Misalnya bijih besi.
b.    Barang setengah jadi, adalah barang yang bisa digunakan sebagai barang konsumsi akhir maupun sebagai bahan baku produksi. Misalnya, benang.
c.    Barang jadi, adalah barang yang siap untuk dikonsumsi langsung. Misalnya,        pakainan, sepatu.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar