Senin, 09 April 2012

MASALAH POKOK EKONOMI


1.    What
Pertanyaan ini menyangkut tentang barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi. Jadi, pertanyaan what untuk menentukan penggunaan satu sumber daya tertentu dan apa yang akan dihasilkan. Salah menjawab pertanyaan tersebut artinya salah melakukan produksi akan berakibat pada kerugian. Kelebihan atau kekurangan produksi juga dapat menimbulkan kerugian, karena aktivitas produksi membutuhkan biaya.
2.    How
Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memperoleh atau memproduksi barang yang diinginkan tersebut. Pertanyaan How untuk menentukan bagaimana sumber daya disediakan, dialokasikan dan dikombinasikan agar mendapat hasil yang maksimal. Artinya, hasil yang diinginkan lebih banyak daripada biaya yang dikeluarkan.
3.    For Whom
Untuk siapa barang trsebut diproduksi? Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri ataukah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri? Kemudian    bagaimana pendistribusiannya melalui koperasi, pasar, took atau membeli langsung     dari produsen?
Dalam masyarakat modern pemecahan ketiga masalah tersebut diselesaikan oleh mekanisme pasar yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar